Teknologi Terkini yang Meningkatkan Efektivitas Jasa Keamanan Satpam

Polres Tegal Kota – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Sebanyak 500 personel satuan pengamanan (Satpam) di dinyatakan lulus pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama tingkat Polda Jateng Angkatan XXII Tahun 2023, Selasa (21/02/2023)


Puluhan personel Satpam itu dikukuhkan melalui upacara penutupan Diklat Satpam Gada Pratama yang digelar PT Rian Jaya Perkasa Kota Tegal bekerja sama dengan Ditbinmas Polda Jateng.


Mewakili Dirbinmas Polda Jateng, AKBP Nunuk Setyowati Sik, MH. Kasubdit Bin Satpam Polsus menyampaikan selesai mengikuti diklat ini diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok fungsi dan peran satpam.


Ia menguraikan Satpam memegang peranan penting karena merupakan mitra sekaligus kepanjangan tangan Polri untuk memberikan pelayanan kepolisian secara terbatas di tempat tugas maupun menjaga Kamtibmas.


“Khususnya dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kerjanya baik pengamanan fisik, personel, informasi dan teknis lainnya,” ujarnya.


Karenanya, lanjut AKBP Nunuk mengatakan pelatihan mutlak diperlukan agar mereka memiliki standar kompetensi yang ditentukan dalam menunjang pelayanan di tempat tugas masing-masing.


Pedoman apa yang telah diajarkan, Jaga sikap dan atitude serta mampu memperlihatkan sikap humanis dan cekatan di setiap pelaksanaan tugasnya masing-masing,” sambungnya.


Sementara usai upacara penutupan diksar Gada Pratama. peserta memperagakan berbagai atraksi ketrampilan yang telah diperoleh selama pendidikan.


Mulai dari yel yel pembakar semangat selama mengikuti pendidikan, juga berbagai ketrampilan beladiri polri mulai dari teknik kuncian dan tongkat polri dan pengaturan lalu lintas.